Sabtu, 10 Desember 2011

Persiba Berikan Arema ISL Kekalahan Kedua

Arema ISL kembali harus tertunduk lesu setelah dalam lawatannya ke Balikpapan menelan kekalahan kedua.
(Arema vs Persiba)
Kembali Kalah. Firmansyah Aprilianto dkk kembali menelah kekalahan kedua di ajang ISL. (Foto: Ongisnade/Adi Kusumajaya)
Kembali Kalah. Firmansyah Aprilianto dkk kembali menelah kekalahan kedua di ajang ISL. (Foto: Ongisnade/Adi Kusumajaya)

Bermain melawan Persiba, Sabtu malam (10/12). Skuad Arema ISL harus menyerah dengan skor 2-1 atas tuan rumah. Di awal babak pertama, pelatih Wolfgang Pikal menampilkan formasi yang berbeda jika dibandingkan saat melawan Persela.
Di posisi kiper, Ngurah AP menggantikan posisi Dian Agus yang cedera. Sementara lini belakang dihuni Charis Yulianto, Seme Patrick, Khusnul Yuli dan Kerry Yudiono. Di lini tengah, 5 pemain disiapkan yaitu Fery Aman Saragih, Kim Yong Hee, Steven Hesketh, Firmansyah Aprilianto dan Dudi Hidayat. Di lini depan, skuad Singo Edan hanya mengandalkan Marcio Souza.
Bermain hanya dengan satu striker di depan, permainan Arema ISL tidak begitu mengecewakan di babak pertama. Skuad asuhan Wolfgang Pikal ini mampu menerapkan pressing ketat kepada Aldo Barretto dkk, yang membuat Persiba tidak mampu menembus lini belakang Arema ISL. Bahkan hampir tidak ada peluang matang dari Persiba di babak pertama.
Kondisi ini mampu dimanfaatkan dengan baik oleh skuad Arema ISL. Sebuah tendangan dari Kim Yong Hee yang sebenarnya tidak jelas arahnya justru mampu dimanfaatkan dengan baik. Melalui Marcio Souza memanfaatkan misskomunikasi antara pemain Persiba membuat Arema ISL unggul lebih dulu 1-0. Permainan yang cenderung bertahan dari Arema ISL cukup membuat frustasi para pemain Persiba di babak pertama.
Malapetaka buat skuad Arema ISL terjadi di babak kedua. Belum satu menit pertandingan berjalan, Persiba berhasil menyamakan kedudukan melalui Kenji Adacihara. Gol ini tercipta setelah umpan Sultan Samma tidak mampu dibuang dengan baik oleh Khusnul Yuli. Skor berubah menjadi 1-1.
Terciptanya satu gol ini membuat pemain Persiba semakin bersemangat untuk membobol gawang Arema ISL. Melalui trio penyerang Aldo Barretto, Kenji Adacihara dan Shohei Matsunaga beberapa kali mampu membahayakan gawang Arema. Sebaliknya permainan Arema ISL justru tidak sebagus di babak pertama, lini pertahanan cenderung panik dan tidak ada serangan yang membahayakan ke gawang Persiba.
Paniknya lini pertahanan Arema ISL mampu dimanfaatkan dengan baik oleh bek Persiba, Rahmat Latief yang mampu mencetak gol kedua di menit ke 73. Gol ini tercipta setelah Ahmad Sembiring mampu melihat posisi Rahmat yang kosong dan terkawal sama sekali. Skor berubah menjadi 2-1.
Bisa dibilang hanya kebobolan dua gol cukup beruntung untuk skuad Arema ISL karena beberapa kali pemain Persiba memiliki peluang emas menambah gol. Namun penampilan cukup baik ditampilkan kiper Arema, Ngurah AP yang mampu menggagalkan upaya dari Persiba terutama melalui Shohei Matsunaga.
Dengan hasil ini Arema ISL terpuruk di posisi ke 16 dari 18 peserta yang mengikuti kompetisi ISL. Skuad asuhan Wolfgang Pikal ini masih belum mengantongi poin sama sekali. Selanjutnya, Arema ISL akan kembali menjalani partai tandang ke Persegres Gresik, 17 Desember mendatang. (onn/mia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar