Senin, 27 Juni 2011

'Pemain Punya Hak Penuh Menentukan Karir'

Sinyal mempertahankan tim memang sudah diutarakan oleh Ketua Dewan Pembina Arema, Eddy Rumpoko. Namun banyaknya pemain Arema yang menjadi incaran klub lain, serta evaluasi tim akan mempengaruhi komposisi Singo Edan musim depan.

Hak Pemain. Memilih bertahan atau hengkang di sepakbola profesional tentunya menjadi hak sepenuhnya pemain. (Foto: Ongisnade/Adi Kusumajaya)
Moncernya performa pilar-pilar muda Arema memang membuat banyak klub tertarik untuk meminang talenta-talenta berpotensi tersebut. Setelah Kurnia Meiga yang secara terang-terangan diminati oleh Persib Bandung, kini klub-klub kasta tertinggi sepakbola Indonesia pun sibuk melakukan pendekatan terhadap beberapa pemain lainnya.
Sumber ONGISNADE di internal klub pun membenarkan, jika kontrak pemain yang rata-rata akan habis di akhir Juli mendatang tersebut bisa saja tak lagi diperpanjang, karena pemain ingin hengkang. Tetapi, sumber juga menyebutkan jika pilihan berkarir adalah hak pemain sepenuhnya.
“Kontrak rata-rata akan berakhir akhir Juli nanti, ada juga yang di bulan September. Kalau melihat situasi, ya memang banyak klub yang naksir pemain Arema. Ya nanti kan bakal ada evaluasi dan tawaran dari manajemen, tergantung si pemain saja. Toh itu adalah hak mereka sepenuhnya untuk berkarir di mana. Profesional saja.”
Senada, Asisten Pelatih, Joko Susilo pun sebelumnya telah mengungkap, jika sebenarnya niatan manajemen adalah mempertahankan pemain. Akan tetapi semua berpulang kepada evaluasi tim demi efisiensi. “Niat manajemen memang mempertahankan semua pemain. Tapi kalau ada penambahan pemain atau pengurangan, staf pelatih siap memberikan rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi.”
Dalam sepakbola profesional, pilihan berkarir memang erat kaitannya dengan masa depan si pemain sendiri. Jaminan finansial dan masuk skuad utama tentu juga menjadi prioritas pemain. Di tubuh Singo Edan sendiri tercatat beberapa pemain yang berjasa mengantar Arema merengkuh gelar ISL musim 2009/2010 justru jadi benchwarmer alias tak pernah dipasang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar